Beranda > Berita Nasional > Kekayaan Prabowo Rp 1,57 Triliun Lebih

Kekayaan Prabowo Rp 1,57 Triliun Lebih


[ Kamis, 21 Mei 2009 ]

KPK Verifikasi Harta Para Cawapres

JAKARTA – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kemarin memverifikasi harta kekayaan calon wakil presiden (cawapres). Mereka dibagi tiga tim, ke rumah Prabowo, Wiranto, dan Boediono.

Tim pertama yang menuju ke rumah Prabowo beranggotakan lima orang. Mereka dipimpin Direktur Laporan Harta Kekayaan Pejabat Negara (LHKPN) Muhammad Sigit. Rombongan berangkat ke rumah Prabowo pukul 08.00.

Perjalanan ke rumah cawapres PDIP itu cukup menarik. Mereka tak tahu alamat pasti rumah Prabowo. Karena itu, personel KPK yang mengendarai Kijang Innova itu diminta untuk menunggu di sebuah SPBU di kawasan Sentul City, Bogor. Tak berapa lama kemudian, sebuah mobil Toyota Prado datang.

Tim KPK lalu dipandu mobil yang dikendarai tiga orang berkacamata hitam itu. Jawa Pos yang ikut dalam rombongan KPK merasakan perjalanan menuju ke rumah Prabowo sangat rumit, berliku-liku, dan melewati perbukitan. Jaraknya sekitar satu jam dari meeting point di SPBU Sentul atau kira-kira 2,5 jam dari Kantor KPK, Kuningan, Jakarta Selatan.

Rumah Prabowo berada di puncak bukit Hambalang, Bojongkoneng, Citeurep, Bogor. Tim KPK lalu diterima Prabowo di ruang depan. Identitas mereka terlebih dahulu dicek oleh penjaga rumah yang memegang seekor anjing herder. ”Maaf, Anda harus menunggu di bawah, Mas,” katanya kepada Jawa Pos.

Rumah bertembok batu bata merah itu mempunyai 15 kamar. Selain itu, ada paviliun yang letaknya terpisah dari bangunan utama. ”Ada kolam renang juga di dalam,” kata Hamdan, salah seorang petugas keamanan.

Penjagaan rumah itu sangat ketat. Ada 32 penjaga yang berdinas secara bergiliran siang malam. Selain itu, sejumlah kamera CCTV terpasang di sudut-sudut halaman yang didominasi pohon pinus dan pohon alpukat itu. ”Di dalam ada juga koleksi beberapa arca milik Pak Hasyim (adik Prabowo),” katanya.

Selain itu, lima ekor anjing herder juga disiapkan sebagai alat bantu pengamanan. ”Di istal terdapat 17 kuda Portugal. Alasnya dari pasir laut,” katanya.

Prabowo sehari-hari tinggal di rumah yang dibangun lima tahun lalu itu itu. ”Tapi, akhir-akhir ini Bapak sering di Jakarta karena urusan partai,” jelas Budi, petugas sekuriti yang lain.

Jika ingin melepas penat, Prabowo berkuda di sekitar kompleks rumahnya yang luasnya 4,8 hektare itu. ”Kadang seminggu dua kali atau tiga kali,” katanya. Selain istal di Hambalang, Prabowo punya kuda di Polo Club, Kranggan, Jagorawi, Bogor.

Aturan bertamu di rumah itu memang sangat ketat. Seorang wartawati televisi yang ingin buang air sempat mengiba menumpang di toilet dalam, namun ditolak penjaga. Akibatnya, dia harus berjalan sekitar 500 meter keluar pagar menuju rumah penduduk terdekat.

Setelah menemui KPK selama tiga jam lebih, Prabowo menemui wartawan. ”Saya bersyukur semuanya lancar. Alhamdulillah,” kata mantan Danjen Kopassus itu.

Saat disinggung hartanya paling banyak jika dibandingkan dengan calon lain, Prabowo hanya tersenyum. ”Oh, gitu ya,” ujarnya.

Menurut mantan menantu Soeharto itu, wajar saja jika hartanya naik. ”Namanya bidang usaha, kadang bagus, besoknya tidak bagus. Itu biasa,” katanya.

KPK, kata dia, sudah melakukan verifikasi total. Pencatatan saja yang dicocokkan,” ujarnya, lantas pamit karena hendak rapat Gerindra.

Direktur LHKPN KPK M. Sigid menjelaskan, kekayaan Prabowo Rp 1,57 triliun dan USD 7,5 juta. ”Ada 90 ekor kuda,” tuturnya. Nilai kuda itu Rp 50 juta per ekor. Prabowo juga punya delapan mobil.

Menurut Sigid, Prabowo mempunyai saham di Argentina dan Prancis. ”Kita tadi sudah selesai melakukan pencocokan,” katanya.

Di bagian lain, kekayaan Wiranto sekarang menjadi Rp 81 miliar. ”Setelah kami lakukan klarifikasi, (kekayaannya) menjadi sekitar Rp 81 miliar,” kata Lambok Hutauruk, direktur Gratifikasi KPK, di kediaman Wiranto, Jl Palem Kartika No 21, Kelurahan Bambu Apus, Cipayung, Jakarta Timur.

Menurut Lambok, dalam data D1 yang pertama diserahkan Wiranto kepada KPK, kekayaan mantan Pangab itu Rp 86 miliar. Sedangkan berdasar data A0, yaitu data awal yang disampaikan pada 2004, kekayaan Wiranto sekitar Rp 46 miliar.

Jika dilihat dari rekap 2004 tersebut, kata Lambok, berarti harta Wiranto naik Rp 35 miliar. Kenaikan itu mayoritas berasal dari kenaikan nilai jual objek pajak (NJOP) dari semula Rp 23 miliar menjadi Rp 70 miliar.

Menurut Lambok, ada pula penambahan baru kekayaan Wiranto berupa harta tak bergerak, yakni Rp 8,5 miliar. Juga dalam hal surat berharga dari Rp 800 juta menjadi Rp 2 miliar atau naik Rp 1,2 miliar.

Soal penurunan kekayaan Wiranto dari data D1 semula Rp 86 miliar menjadi Rp 81 miliar, lanjut Lambok, terjadi karena ada pengurangan alat transportasi. Laporan awal disebutkan Rp 1,5 miliar, namun setelah diklarifikasi cuma Rp 1,2 miliar.

Di bagian lain, selama kurang lebih setahun, kekayaan Boediono, cawapres pendamping Susilo Bambang Yudhoyono bertambah Rp 3 miliar. Sebelumnya, pada Mei 2008, kekayaan Boediono Rp 18,6 miliar dan kini menjadi Rp 22,6 miliar. ”Kami baru saja melakukan klarifikasi, yaitu kekayaan dari Mei 2008 sebesar Rp 18,6 miliar dan 2009 menjadi Rp 22,06 miliar. Jadi, ada kenaikan Rp 3 miliar atau 18,3 persen,” kata Deputi Bidang Pencegahan KPK Eko Tjiptadi yang memimpin verifikasi. (rdl/git/kum)

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: