Beranda > berita PONOROGO, Lain - lain > Biaya parkir

Biaya parkir


Berapa tarif parkir di daerah sekitar anda???

alon-alon PonorogoSore kemarin saya mampir di sebuah tempat yang kebetulan ada sinyal Wifinya, suasana di sekitar tempat itu memang sedang ramai dengan kunjungan warga sekitar dalam menikmati akhir pekan. Patung macan berjumlah 8 pasti menyambut anda di lokasi tersebut, pancaran lampu sorot menambah megah patung macan dari dekat.

Saya datang sekitar jam 20.00 WIB, ketika sampai di tempat saya langsung di sapa oleh seorang berpawakan besar dan sangar. Ternyata dia adalah petugas yang mengatur ketertiban kendaraan motor di lokasi depan patung macan. Sepertinya dia tidak sedirian, apalagi luas area parkir sekitar 50 meter plus malam minggu pisan… wah pasti ruame banget.

Nah, ketika motor saya mulai memarkirkan diri, tiba-tiba sang tukang parkir meminta bayaran sebesar 2000 rupiah. Biaya parkir yang biasanya saya kira cuman 500 ato 1000, ditempat ini biaya parkir berlipat hampir 200%.

parkir, biaya parkir, ponorogo parkir“Wah, kok mahal mas??? bukannya hanya seribu rupiah???” tanya saya…

“…………………………..” diem saja sang tukang parkir itu.

Ketika saya sudah mengeluarkan uang 2000, saya mendapat sebuah kertas kecil dan bernomor. Ooo, ini sebagai gantinya biaya tersebut sekaligus jaminan kalau motornya ilang. hehehhee…

Sampai sekarang saya masih bingung dengan penetapan tarif parkir tersebut. Kok bisa sampai begitu yak??? harusnya kalau standar parkir motor biaya yang dibutuhkan hanya 500 rupiah. kok disana mahal banget yak??? aneh sungguh aneh.

saya pun langsung memberikan perhitungan dan menganalisa jumlah pendapatan seorang tukang parkir tersebut.

Setiap motor dikenakan biaya RP. 2000,00 /parkir

Gambaran kasar yang parkir sejumlah 100-300 motor /malam.

Biaya x jumlah motor = Omset sehari

Rp. 2000,00 x 100 motor = Rp. 200.000

Rp. 2000,00 x 200 motor = Rp. 400.000

Rp. 2000,00 x 300 motor = Rp. 600.000

Perhari pendapatan mencapai jumlah di atas.

Penghitungan belum selesai, bila pendapatan sehari dikalikan dalam waktu sebulan…

Rp. 200.000,00 x 30 hari = Rp. 6.000.000,00

Rp. 400.000,00 x 30 hari = Rp. 12.000.000,00

Rp. 600.000,00 x 30 hari = Rp. 18.000.000,00

WOWWW…….. luar biasa….

Pendapatan dari seorang juru parkir bisa menngalahkan gaji seorang Pegawai Negeri setinggkat Kepala Dinas.

Fenomena yang cukup menajubkan.

Setelah cukup untuk menganalisa jumlah pendapatan seorang juru parkir di atas, saya pun mencari informasi ke teman-teman yang lain. Ada seorang teman yang pernah mengalami kejadian kurang mengenakkan hubungannya samajuru parkir di salah satu gedung di Ponorogo. Waktu itu, teman saya mendapat kesempatan mengisi acara sebagai band bintang tamu dalam acara olahraga. Waktu memasuki pagar pintu masuk, dia kaget… kok harus bayar?? padahal saya kan bintang tamu..?? jawab dia ke juru parkir.

Tak kalah dengan calon mangsanya, diapun membalas ” lha yang njaga motor kamu nanti sapa??” dengan nada kasar.

Wah, akhirnya teman saya itu pun masuk dengan terpaksa membayar sejumlah 2000 rupiah juga……

Ternyata kejadiannya tidak jauh beda dengan kisah saya dengan juru parkir.

Pertanyaan saya,

Adakah biaya parkir yang di tetapkan oleh pemerintah setempat dalam hal parkir???

Apakah tukang parkir tersebut harus menyetorkan hasil parkir ke dinas terkait???

Dan masih banyak pertanyaan yang ada dalam benak saya, semoga ada sedikit pencerahan dari sebagian pembaca sekalian…..

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

